Mencegah Penyakit Akibat Gigitan Nyamuk

Peran orang tua  dalam menjaga dan memelihara kualitas kehidupan keluarga sangat vital terutama oleh seorang ibu. Dimana seorang ibu mempunyai tugas dan tanggung jawab besar, mulai dari mengurus, menjaga dan merawat seluruh anggota keluarganya. Ibu menjadi decission maker dalam memilih dan menentukan produk yang aman untuk dipergunakan sehingga terjagalah kualitas kesehatan seluruh anggota keluarganya. Apalagi ada pepatah yang mengatakan kesehatan adalah harta yang tidak ternilai harganya, karena dengan kesehatan manusia bisa menjadi seorang pribadi yang produktif.

Mencegah dan melindungi kesehatan anggota keluarga pasti menjadi salah satu prioritas yang diperhatikan oleh para ibu  agar kehidupan dan aktivitas sehari hari dapat terus berjalan secara optimal. Sesibuk apapun kegiatannya, seorang ibu tetap dituntut untuk hal-hal utama yang menjadi kebutuhan seluruh anggota keluarganya. Diantarnaya adalah memilih dan menentukan produk berkualitas yang aman untuk dipergunakan oleh seluruh anggota keluarganya.

Hidup dan tinggal di Indonesia  yang memiliki iklim tropis dan 2 musim, yakni kemarau dan hujan membuat seorang ibu menjadi harus lebih waspada atas serbuan gigitan nyamuk. Terlebih nyamuk membawa penyakit yang dapat membahayakan kesehatan dan bahkan menyebabkan kematian seperti demam berdarah dengue, malaria, filariasis / kaki gajah, chikungunya dan encephalistis / peradangan otak. Oleh karena itu penting bagi seorang ibu untuk mengetahui  cara-cara untuk mencegah dan menghindari gigitan nyamuk  di lingkungan keluarganya.

Cara yang biasa dilakukan untuk mencegah gigitan nyamuk adalah dengan penyemprotan, pengasapan, pengembunan, pemasangan jerat / raket nyamuk dan penerapan 3 M (Menutup, Menguras, Mengubur). Tapi tahukah anda ? bahwa nyamuk dapat terbang dalam radius 100 m, sehingga walaupun lingkungan kita sudah bersih namun lingkungan sekitar tetap kotor maka itu menjadi potensi pertumbuhan nyamuk.

Untuk melengkapi cara pencegahan gigitan dan penyebaran penyakit oleh nyamuk, anda dapat menambahkan 1 M, yaitu  memakai lotion atau spray anti nyamuk yang melindungi dimanapun anggota keluarga Anda berada, sehingga siklus hidup nyamuk tidak akan terjadi dan kita terhindar dari penyakit. Jadi aktivitas anda dan seluruh anggota keluarga akan tetap terlindungi saat bereda didalam maupun diluar ruangan. Seperti pepatah mengatakan, lebih baik mencegah daripada mengobati. Oleh karena itu, cegahlah penyakit akibat gigitan nyamuk karena satu gigitan saja dapat berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan keluarga Anda.

Tip Memilih Obat Nyamuk
  1. Baca terlebih dahulu kandungan bahan aktif yang tertera pada kemasan.
  2. Pilihlah obat nyamuk yang memiliki 2 perlindungan yaitu menolak nyamuk karena wangi yang tidak disukai nyamuk dan menolak nyamuk karena rasa yang tidak disukai nyamuk.
  3. Untuk aktivitas di luar ruangan gunakan Soffell Spray ataupun Soffell lotion penolak nyamuk yang praktis dan aman.
  4. Hindari menggunakan elektrik atau obat nyamuk bakar dalam ruangan tertutup karena racun asap yang dihasilkan akan mengurangi proporsi kandungan oksigen dalam ruangan.
  5. Jangan tergiur harga murah yang ditawarkan obat nyamuk di pasaran. Kesehatan keluarga Anda jauh lebih berharga.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

informasi yang sangat bermanfaatnih smoga bisa kehindar dari gigitan nyamuk

Dr Akbar Abdullah mengatakan...


Info yang menarik untuk diamalkan bagi mencegah gigitan nyamuk. Selain itu, untuk mencegah gigitan nyamuk, kita boleh juga menyapukan minyak serai wangi pada kulit dan mengamalkan pemakanan bawang putih kerana nyamuk didapati tidak gemar kepada bau-bauan dari bahan-bahan berikut.

Posting Komentar