Hati-hati Promosi Kredit Murah

Penyediaan fasilitas pembayaran dengan cara angsuran atau mencicil ditujukan untuk meningkatkan penjualan dengan menjaring konsumen yang belum memiliki uang tunai senilai harga barang. Atau, bagi mereka yang memiliki kekayaan yang tidak bisa segera diuangkan, misalnya memiliki deposito yang belum jatuh tempo atau tanah yang tidak dapat dijual dalam tempo cepat.

Bagi sebagian orang, pembayaran dengan cicilan sangat membantu apalagi jika barang tersebut sangat dibutuhkan segera untuk digunakan sebagai modal dalam bekerja. Contohnya membeli peralatan memasak tambahan untuk memperluas usaha catring. Bila menunggu uang terkumpul sehingga mampu membeli peralatan tambahan tersebut,  kemungkinan calon pelanggan sudah memiliki catering lainnya.

Bila pembelian barang tersebut saat ini dapat mendatangkan uang yang dapat digunakan mencicil barang tersebut, pembayaran dengan mencicil tampaknya merupakan hal yang perlu dilakukan.

Pembayaran cicilan juga sangat membantu bila barang yang Anda ingikan adalah barang yang sangat unik. Contoh lainnya lagi ketika Anda memutuskan untuk membeli rumah atau tanah yang sesuai dengan harapan Anda. Jika menunggu uang terkumpul kemungkinan kesempatan tersebut telah hilang.

Cara angsuran ini juga sangat diperlukan bila harga barang yang Anda inginkan terus meningkat dengan peningkatan harga  lebih besar dibandingkan tingkat deposito. Jika menunggu uang anda terkumpul sejumlah harga barang saat ini, bisa jadi harga tersebut sudah jauh meningkat. Akibatnya Anda tetap belum mampu membelinya secara tunai.

Tetapi jika anda ingin membeli barang dengan cara mengangsur hanya karena tergiur dengan kemudahan cara pembayaran, padahal barang tersebut belum atau tidak terlalu dibutuhkan pada saat itu, dan harganya terus mengalami penurunan, sebaiknya anda pertimbangkan lagi. Banyak orang yang berani melakukan pembelian barang dengan mencicil ini sampai gaji mereka tidak tersisa sama sekali. Umumnya mereka berdalih jika tidak berani mencicil maka tidak akan memiliki apa-apa. Hal seperti ini jangan sampai Anda lakukan, sebab bila ada keperluan mendadak, misalnya ada keluarga yang sakit atau membutuhkan biaya mendadak, bisa jadi pembayaran cicilan terganggu. Bila hal ini terjadi, pihak penjual akan mengenakan denda biaya keterlambatan, selama cicilan tersebut belum terselesaikan. Denda keterlambatan biasanya sangan tinggi. 

Untuk anda yang sedang menunggu kelahiran si kecil, pertimbangkan dengan cermat setiap pengeluaran. Untuk anda yang menghadapi persalinan anak pertama, dimana belum mempunyai pengalaman, jika memungkinkan siap dana yang agak lebih.

1 komentar:

Eka Ikhsanudin mengatakan...

kunjungan malam sobat :)
nice info ... :)

Posting Komentar