Candu TV, Game / PS dan Komputer Serta Internet Pada Anak

Teknologi memang bisa dikenalkan pada anak sejak usia dini yang telah berumur sekitar 3 tahun. Tentu saja di mulai dengan perangkat teknologi yang sederhana, misalnya komputer. Banyak manfaatnya, dapat membantu merangsang perkembancan kecerdasan kognitif serta perkembangan lainnya seperti bahasa, motorik halus dan sebagainya.

Namun memperkenalkan teknologi juga perlu memperhatikan atau mempertimbangkan beberapa hal karena dapat berdampak pada kesehatan anak. Penggunaan komputer dan TV, PS (Play Station) / Game harus diperhatikan mulai dari aspek kenyamanan, posisi duduk anak, jarak antara tempat duduk dan layar serta  durasi lamanya anak dapat bermain komputer atau menonton TV. Apabila hal tersebut tidak di perhatikan maka anak bisa saja terkena obesitas (kegemukan). Karena lama duduk kadang disertai mengemil (makanan ringan/kecil). Paparan terkena cahaya atau radiasi dari komputer TV dapat menyebabkan kelelahan mata. Juga akan berakibat pada gangguan dari otot2 tubuh karena posisi duduk yang tidak sempurna atau nyaman/baik.

Untuk mengetahui anak terganggu kesehatannya bisa diketehui dengan melihat ciri ciri fisik si kecil. Misalnya saja pada mata dapat mengalami kelelahan mata, mata merah dan lain sebagainya. Berat badannya meningkat cepat, sering mengalami infeksi saluran pernafasan akut karena jarang beraktifitas fisik. Dampak lebih lanjutnya adalah kurangnya sosialisasi dengan teman sebaya. Bahkan terlalu lama di depan komputer atau TV maupun Game/PS mempengaruhi perkembangan bahasa anak.

Untuk mencegah berbagai dampak kesehatan ini disarankan anak hanya di bolehkan menggunakan alat elektronik 2 jam sehari saja, gunakan kursi atau tempat duduk  yang sesuai dengan keperluan. Jarak antara tempat duduk dan layar komputer atau TV  sekitar 11/2 kali panjang diagonal layar monitor. Selain itu selingi dengan melakukan aktifitas gerakan motorik kasar.

Tips dan Triks dalam mengawasi anak main Komputer, TV atau Game :
  • Dampingi selalu anak saat menonton TV atau main Game/PS maupun komputer.
  • Jangan biarkan anak di bawah 2 tahun menonton TV, main komputer ataupun main Game/PS terlalu lama. usahakan maksimal 2 jam sehari.
  • Pilih program yang sesuai dan layak di nonton.
  • Berikan waktu yang cukup untuk anak memperkaya jiwanya den menyehatkan kehidupan sosialnya dengan bermain bersama teman temanyna. Jalin hubungan emosional yang lebih hangat dengan membacakan dongeng, bercengkrama dengan keluarga, rekreasi bersama dan segala kegiatan yang bisa menghidupkan susana kebersamaan.
  • Tidak menyediakan TV, Komputer, Internet atau PS di kamar tidur anak, karena dapat menyebabkan kecandauan atau ketergantungan.
  • Tidak membiasakan anak menonton sambil makan, meskipun dengan cara itu mereka lebih mudah menerima suapan.
  • Jangan beri kesempatan pada si kecil menonton TV pagi hari sebelum berangkat sekolah, karena dapat merusk konsentrasi beralajarnya.
Demikian lah ulasan hari ini mudahan berguna untuk kita semua :D.

0 komentar:

Posting Komentar