Pewarna Alami dari Daun Suji dan Pandan

Banyak orang keliru mengenali daun pandan dan daun suji. Wajar karena sepintas sosok fisik kedua daun ini mirip. Mari kita bahas perbedaan dan kegunaan kedua daun tersebut.

1. Daun Pandan
Pandan  adalah daun berwarna hijau yang sejak zaman dulu digunakan sebagai pengharum kue dan minuman tradisional. Daun pandan (Pandanus amaryllifolius) termasuk family dari pandanaceae atau keluarga pandan. Banyak sekali jenisnya, sebut saja daun pandan hutan yang sering dipakai sebagai bahan baku tikar, juga jenis pandan kecil beraroma wangi yang sering digunakan sebagai pewangi masakan. Selain memberi aroma, daun pandan bisa untuk pembungkus seperti pada kue talam Thailand atau ayam goreng pandan.

Daun pandan sebenarnya bisa juga untuk pewarna hijau pada makanan. Caranya daun pandan ditumbuk dan diperas airnya namun efek hijaunya tidak sekuat daun suji. Untuk mengharumkan kue atau masakan pilihlah daun pandan yang sedang tidak terlalu tua  atau muda. Potong daun pandan kasar-kasar agar aroma pandan lebih kuat dibandingkan dimasuk utuh. Sayangnya aroma pandan mudah menguap. Untuk itu tambahkan pandan pada adonan atau rebusan masakan sesaat sebelum diangkat dari perapian agar aromanya lebih kuat.

2. Daun Suji
Sementara Daun suji (Pleomale angustifolia) banyak digunakan untuk pewarna hijau masakan, kue tradisional dan minuman seperti cendol. Anggota keluarga tanaman perdu ini dapat mencapai tinggi 8 meter. Bentuk daunya memanjang dan tersusun meningkat, sesekali juga berbunga, karena keindahan bentuknya tanaman ini seringkali digunakan untuk tanaman hias, Aromanya khas meski tidak seharum daun pandan. Penggunaan daun suji seringkali dicampur dengan daun pandan untuk mendapatkan aroma dan warna hijaunya. Cara memakainya daun suji di tumbuk lalu di saring dan tambahkan ke bahan kue atau makannan yang diinginkan.

Pembuatan Aroma Pewarna Hijau Alami Daun Suji dan Pandan

Bahan :
  • Ambil 40 lembar daun suji, cuci bersih.
  • Ambil 3 lembar daun pandan, cuci bersih.
  • 150 ml air.
  • 1/4 sdt air kapur sirih.
Cara Membuat :
  • Potong-potong atau iris daun suji dan daun pandan, tumbuk kasar. Anda juga bisa memprosesnya halus dengan blender, tambahkan air dan kapur sirih.
  • Saring campuran daun suji halus dengan saringan berlubang halus atau kain kasa. Ambil perasan airnya, sisihkan ampasnya.
  • Campuran penambah aroma daun pandan dan pewarna daun suji siap digunakan.
Daun pandan dan daun suji memiliki kandungan kimia alkaloid, saponin, flavoida, tanin dan polifenol dapat kita jumpai dalam kandungan daun teh, berfungsi sebagai obat penenang alami, berarti komposisi dalam daun teh hampir sama dengan daun pandan dan daun suji. Jadi sangat mungkin jika daun pandan dan daun suji di olah seperti teh, terlebih jika di campur jahe, wah tentunya menghasilkan minuman nikmat dan enak yang sangat berkhasiat untuk kesehatan.

0 komentar:

Poskan Komentar