Sayuran Wortel Memang OK Vitamin A -nya dan Banyak Manfaatnya

Ada yang tahu tidak dengan sayuran wortel ?, kayaknya semua orang dewasa tahu deh kalau tidak tahu itu kelewatan namanya hehehehe. Wortel sayuran paling banyak dan gampang di temukan baik di warung apalagi pasar, baik pasar tradisional maupun pasar modern seperti supermarket. Selain harganya murah sayur ini juga memiliki warna yang unik dan menarik dan rasanya cukup manis, apalagi di jus dan campur susu wah enak banget tuh :D. Dan sayuran wortel  mempunyai kandungan gizi yang tinggi.

Wortel yang nama bahasa latinnya Daucus Carota ternyata bukan tanaman asli dari daerah Indonesia loh, tapi berasal dari Timur dan Asia Tengah, hmmm dimana itu ya hehehehe cari tahu sendiri ya saya juga tidak tahu pasti negaranya. Di Indonesia sayuran wortel pertama kali dibudidayakan di Lembang dan Cipanas Jawa Barat sebelum akhirnya berkembang keseluruh pelosok negeri kita

Wortel adalah sayuran umbi semusim yang berbentuk rumput. ciri-cirinya antara lain berkulit tipis dan berwarna oranye  kemerah-merahan. Wortel dapat tumbuh dengan baik di daerah yang suhu udaranya dingin dan lembab. Setelah berumur 3 bulan barulah tanaman ini dapat di panen. Perlu diketahui wortel memiliki banyak jenis antara lain Imperator, Chantenay, Gold Spike, Gold Pak dan Nantes. Tidak usah di bahas jenisnya dan bentuknya ya ribet hehehehe, yang banyak terdapt di pasaran Indonesia yaitu Imperator dan Chantenay.

Dalam setiap 100 gr wortel terdapat 42,00 kal, 1,20 gr protein, 0,30 gr lemak, 9,30 karbohidrat, 39,00 mg kalsium, 37,00 mg fosfor, 12000,00 SI Vitamin A dan 88,20 air, Wah banyak saya juga tidak tahu apa kegunaan masing2 dari kandungan sayuran wortel ini hehehehe. Dan satu lagi katanya kandungan Vitamin A pada wortel jauh lebih lebih tinggi dibandingkan sayuran lainya. Sayuran wortel juga mengandung senyawa Beta Karotein yang bermanfaat mencegah kanker paru-paru dan mencegah penyakit rabun senja (Buta Ayam).

Membuat Ramuan Bermanfaat dari Wortel : 
  1. Untuk menghilangkan rasa mual pada ibu hamil, mengobati radang lambung dan mencegah rabun malam, campur satu gelas sari wortel dengan satu sendok makan madu dan satu sendok teh jeruk nipis. Minum 2 kali sehari sebelum makan.
  2. Untuk menyembuhkan sakit hyperaciditas (penyakit pencernaan akibat pengeluaran asam lambung secara berlebihan), blender dua gelas sari wortel dengan 1/4 kilogram kubis. Tambah satu gelas sendok makan gula lalu saring dan di minum.
  3. Untuk membunuh kuman-kuman berbahaya dalam mulut, mencegah pendarahan gusi dan mencegah kerusakan gigi kunyah wortel segar setiap habis makan. selain gigi menjadi bersih, bau mulut pun hilang.

0 komentar:

Posting Komentar