Teratur Makan di Rumah Tingkatkan Nilai Raport Anak

Apakah makan teratur di rumah bisa tingkatkan nilai raport anak?, coba kita bahas berikut ini ya. Menurut Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Columbia University di Amerika, remaja yang makan di rumah bersama keluarganya sedikitnya lima kali sepekan cenderung mendapat nilai raport yang baik, serta lebih kecil kecenderungannya menyalah gunakan obat bius ataupun narkoba dan sejenisnya..

Mungkin lebih mudah mencari remaja yang menganggap makan bersama keluarga sebagai suatu hal yang membosankan, namun di masa lalu, makan bersama keluarga adalah kebiasaan di banyak keluarga. Makan bersama adalah kesempatan menanam nilai-nilai penting keluarga, juga untuk berbagi cerita tentang hal-hal penting yang terjadi seharian itu pada masing-masing anggota keluarga.

Namun dewasa ini, hanya separuh dari seluruh remaja Amerika yang mengaku secara teratur makan bersama di rumah. Penelitian ini menggambarkan betapa remaja yang makan bersama keluarga setidaknya lima kali dalam sepekan lebih kecil cenderungnya minum alkohol, merokok, atau mencoba-coba ganja. "Di masa ini, anak-anak kita menghadapi banyak sekali stres karena berbagai alasan. Kesempatan makan bersama secara teratur adalah kesempatan juga untuk ayah ibu membantu anak-anak menghadapi berbagai stres tersebut," demikian David Elkind, seorang professor perkembangan anak di Tufts University, Massachusetts.

Anak yang teratur makan bersama dengan keluarga 40 persen lebih besar kemungkinannya memperoleh nilai A dan B di sekolah, demikian penelitian tersebut yang ternyata konsisten dengan sebuah penelitian terpisah yang dilakukan oleh Harvard University.

Repotnya, semakin lama semakin sulit bagi kebanyakan keluarga menyediakan waktu makan bersama karena orangtua yang jam kerjanya semakin memanjang dan kegiatan anak semakin bertambah. Mulai dari les matematika, anak-anak kini menghadapi beban yang tak kalah beratnya dari pada orang tua mereka.

Dan satu lagi juga bahwa jajan di luar kan belum tentu bagus dan higienis, lebih baik makan dirumah sama keluarga dan jelas peran ibu disini untuk membuat menu makanan yang bervariasi dan sehat tentunya selain membuat keluarga sering berkumpul dan harmonis juga nilai finansial bisa lebih baik karena akan lebih hemat tentunya :D. Amin. Udah dulu ya artikel kita hari ini lain kali disambung lagi, bye and Wassalam.

0 komentar:

Posting Komentar